Personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim Bantu Masyarakat Lumajang

Tidak ada komentar

Lumajang, Wirawiri Entertainment-
Pada hari Minggu tepatnya pada tanggal 4 Desember 2022 gunung Semeru kembali erupsi. 
Genap setahun kembali terjadi erupsi gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, terkait peningkatan status erupsi gunung Semeru menjadi Level IV “Awas”. Rabu(07/12/2022) 


Personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim Segera mengerahkan Tim SAR Sesuai arahan Dansatbrimob Polda Jatim Kombes Pol Guruh Arif Darmawan, S.I.K.,M.H. agar Brimob hadir ditengah - tengah masyarakat yng mengalami musibah bencana alam.


Tim SAR yng turun ke lokasi bencana saat ini  salah satunya adalah tim evakuasi & kru dapur lapangan Batalyon B Pelopor yang dipimpin oleh Danki 2B Pelopor AKP Nono Sugiono, S.H. Sedangkan lokasi bakti Brimob berada di Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. 


Anggota disiapkan sebagai antisipasi untuk memberikan fasilitas termasuk untuk membantu evakuasi, menyiapkan tenda pengungsi, dapur lapangan dan penyediaan layanan kesehatan.


Dapur lapangan disiapkan untuk memberikan fasilitas terkait kebutuhan makanan para warga terdampak yang membutuhkan. Tepatnya di lapangan depan Kantor Desa Supiturang, kendaraan dapur lapangan distandby-kan. Kru dapur lapangan menyiapkan makanan untuk dibagikan kepada warga terdampak pada pagi, siang dan malam.


Sementara itu anggota Brimob menyiapkan kendaraan truk pengangkut warga untuk dievakuasi yang bekerjasama dengan para relawan. Tak hanya itu anggota juga mendirikan satu tenda yang khusus digunakan apabila ada pengungsi yang ingin menempati.

Tidak lupa anggota juga memberikan pelayanan kesehatan di posko Brimob. 
Jadi, warga terdampak yang merasa kurang sehat bisa mendatangi posko untuk diperiksa oleh Bintara Kesehatan. Namun, pelayanan kesehatan ini juga dibuka untuk para relawan maupun anggota instansi lain yang juga memiliki masalah kesehatan.


Musibah ini tak luput dari perhatian pemerintah setempat, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, S.Ag. beserta Kepala BPBD Bpk. Patria Hadi Hastiadi melaksanakan peninjauan ke beberapa tempat terdampak seperti pos pengungsian di SDN Supiturang 04 hingga peninjauan pembangunan akses jembatan penghubung Gladak Perak. Hingga saat ini sebagian besar warga sudah kembali ke kediaman masing-masing namun tetap mengedepankan keamanan dan keselamatan dengan melaksanakan jaga malam di depan rumah maupun di pos kamling setempat.

AKP Nono ketika ditemui awak media membenarkan tentang bakti sosial, "Kepada warga yang sangat terdampak bencana erupsi gunung Semeru ini, karena bagi kami adalah, JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN
BRIMOB UNTUK INDONESIA", tutup pria  ramah ini. (Bagus) 

Tidak ada komentar

Posting Komentar