Budidaya Tauge Koramil 1713 Ligung gunakan Bios 44 DC

Tidak ada komentar

MAJALENGKA, Wirawiri Entertainment-
Tauge, bahan pangan yang tergolong dalam sayur-sayuran, dimana   tauge menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dari semua kalangan. 

Banyaknya kebutuhan masyarakat maupun pedagang  terhadap tauge, dihadapkan  kepada kondisi kecamatan Ligung yang jauh dari pasar rakyat maupun modern, menjadi salah satu alasan yang dilakukan Koramil 1713 Ligung Kodim 0617 Majalengka untuk melaksanakan budidaya tauge. 


Budidaya tauge dilakukan dengan memanfaatkan lahan Kosong Koramil 1713 Ligung di Jl. Raya Barat Ligung Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Rabu (08/02/2023) 

Sesuai arahan dan petunjuk Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Danang Biantoro melalui Danramil 1713 Ligung Kapten Arm Dedem Suparman mengatakan Koramil harus bisa berkreasi dan berinovasi menciptakan ketahanan pangan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan anggota dengan memanfaatkan potensi di wilayah.

Koramil 1713 Ligung berusaha menggagas untuk melakukan budidaya tauge, dengan mengajak masyarakat dari warga sekitar yang tidak memiliki pekerjaan. 


"Saat ini, kemampuan produksi tauge per hari sekitar 25 sampai dengan 150 kg, tergantung kepada pesanan dari relasi vendor-vendor kantin karyawan pabrik sekitar serta kebutuhan para pedagang bakso, ketoprak, gado-gado dan lainnya."

Kapten Arm Dedem menjelaskan, pembuatan tauge itu sendiri menggunakan bahan kacang hijau pilihan, dengan memanfaatkan Bios 44DC.

"Pada saat proses pembuatan tauge, kami berinovasi dengan menggunakan Bios 44 DC, Cairan tsb digunakan untuk merendam kacang hijau pada 2 jam pertama agar kandungan zat negatif yang menempel di kulit kacang dapat dinetralisir sehingga penyerapan nutrisi touge dapat meresap baik dan mencegah terjadinya pembusukan sebelum panen, yang diakibatkan oleh tidak sterilnya kacang yang akan diproses berikutnya, selain itu penggunaan Bios 44DC untuk merangsang pertumbuhan kacang itu sendiri." 

Kapten Arm Dedem berharap, apa yang dilakukan Koramil 1713 Ligung dengan budidaya tauge disamping menambah pendapatan anggota, juga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, mereka dapat belanja touge dengan murah dan dekat. 

"Masyarakat terutama pedagang yang menggunakan tauge dapat terbantu, mereka tidak harus pergi ke pasar dini hari untuk mencari tauge. Tinggal memesan ke Koramil, langsung diantar oleh karyawan yang telah direkrut".(Bagus)

Tidak ada komentar

Posting Komentar