Program Babat Kodim 0617 Majalengka Diresmikan Danrem 063 Sunan Gunung Jati

Tidak ada komentar

MAJALENGKA, Wirawiri Entertainment-
Bintara Pembina Desa atau yang lebih dikenal nama Babinsa merupakan unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan.


Babinsa merupakan mata dan telinga serta Garda terdepan Satuan TNI AD dalam upaya menjaga Stabilitas di wilayah.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Danang Biantoro pada saat mendampingi Danrem 063 Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Andi Asmara Dewa pada saat peresmian Program Babinsa Hebat (Babat) Kodim 0617 Majalengka di lapangan Makodim setempat. Rabu (26/07/2023) 


Letkol Inf Danang Biantoro selanjutnya mengatakan perkembangan situasi saat ini mengharuskan seorang Babinsa memiliki kemampuan lebih, agar pembinaan Teritorial di wilayah binaanya berhasil. 

"5 Kemampuan Ter yaitu Kemampuan Temu Cepat dan Lapor Cepat, Kemampuan Manajemen Teritorial, Kemampuan Penguasaan Wilayah, Kemampuan Pembinaan Perlawanan Rakyat dan
Kemampuan Komunikasi Sosial harus benar-dikuasi dikuasi"


Untuk lebih mengoptimalkan tugas Babinsa dilapangan membuat Kodim 0617 Majalengka meluncurkan program Babinsa Hebat (Babat). 

Letkol Inf Danang Biantoro mengharapkan dengan adanya program Babat, Babinsa akan semakin terpacu untuk melaksanakan tugasnya dengan maksimal. 


"Babinsa akan semakin dekat dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah binaanya,"

"Masyarakat tidak akan ragu untuk menyampaikan setiap kejadian atau permasalahan yang mereka hadapi kepada Babinsa"


Keberhasilan seorang Babinsa Hebat ditandai dengan 3 indikator yang pertama Babinsa mampu melaporkan setiap bentuk premanisme, intimidasi ancaman yang mengganggu kondusifitas, kedua Babinsa mampu melaporkan bila oknum, organisasi, kelompok dan lainnya yang menyakiti hati rakyat serta merugikan masyarakat dan yang ketiga Babinsa harus mampu melaporkan setiap ada bencana dan masalah yang tidak terselesaikan masyarakat. (Bagus)

Tidak ada komentar

Posting Komentar