Tingkatkan Pembinaan Kerohanian, Ribuan Warga Binaan Lapas Banjarbaru Dengarkan Ceramah Guru Udin Samarinda

Tidak ada komentar

Banjarbaru, Wirawiri Entertainment-
Ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan memadati Masjid Al-Ikhlas Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Selasa (12/7/2023). Kehadiran mereka hanya untuk melihat Tabligh Akbar K.H. Muhammmad Zhofaruddin atau yang akrab disapa Guru Udin dari Samarinda.

Bukan hanya Guru Udin, Lapas Banjarbaru juga kedatangan Guru Mahmud dari Balikpapan yang melantunkan ayat suci Al-Quran dan Guru Fahmi dari Sekumpul, Martapura yang membaca syair Maulid Habsyi yang diiringi dengan tabuh rebana oleh para Santri Lapas Banjarbaru.


Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang mengatakan bahwa kedatangan pimpinan Majelis Ta'lim Nurul Amin Samarinda itu merupakan kali pertama untuk mengisi tausiah agama dalam rangka meningkatkan kualitas keagamaan warga binaan dan petugas.

"Kami mengucapkan terimakasih, Guru Udin berkenan hadir ditengah-tengah warga binaan. Banyak pesan yang disampaikan beliau dan sesekali dengan candaan sehingga membuat kita semangat dan bahagia mendengarkan ceramah beliau. Semoga kita semua mendapatkan berkah," ucap Amico.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Faisol Ali dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Tabligh Akbar di Lapas Banjarbaru digelar sebagai bentuk reintegrasi sosial Pemasyarakatan.


"Salah satu program yang menjadi fokus Pemasyarakatan yakni reintegrasi sosial yang diberikan sebagai bentuk pembinaan kemasyarakatan bagi warga binaan. Bukan hanya keterampilan yang dibina, tapi juga kerohanian yang harapannya setelah keluar nanti menjadi Santri," ujar Faisol.

Dalam tausiahnya, Guru Udin Samarinda mengajak ribuan warga binaan untuk senantiasa menjalankan ajaran dan mencintai Nabi Muhammad SAW dengan melaksanakan Salat, memperbanyak Sholawat dan menghidupkan kegiatan keagamaan agar mendapat rahmat, taufik, hidayah dan inayah dari Allah SWT.

Penceramah yang memiliki ciri khas menggunakan bahasa Banjar dalam tausiahnya ini sesekali mengeluarkan joke-joke segar yang membuat seluruh jemaah Tabligh Akbar di Lapas Kelas IIB Banjarbaru tertawa lepas menampakkan kebahagiaan.


Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sri Yuwono beserta jajaran Divisi Pemasyarakatan Kalsel, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Wahyu Susetyo, dan seluruh Pejabat Struktural dan Pegawai Lapas Kelas IIB Lapas Banjarbaru.(Keke)

Tidak ada komentar

Posting Komentar