Pangdivif 2 Kostrad Turut Hadir Dalam Upacara Pembukaan Latihan Super Garuda Shield 2023

Tidak ada komentar
Situbondo, Wirawiri Entertainment-
Pendiv2 - Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., turut hadir dalam Upacara Pembukaan Latihan Super Garuda Shield 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Mako Puslatpur Marinir-5 Baluran, Ds. Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. bersama Commanding General Of I Corps US Army LTG Xavier T. Brunson. Kamis (31/08/2023). 


Perlu diketahui bersama bahwa Latihan Super Garuda Shield 2023 ini dilaksanakan mulai tanggal 31 Agustus sampai dengan 13 September 2023 yang melibatkan dari 17 Negara dengan jumlah seluruh personel latihan lebih dari 5000 prajurit. Latihan ini merupakan latihan dengan skala cukup besar antara TNI dan militer negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasifik serta menjadi latihan multinasional terbesar yang diselenggarakan di Indonesia.

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. menyampaikan bahwa, prajurit yang terlibat latihan bersama dari 17 negara tersebut akan saling bahu membahu untuk meningkatkan kapabilitas dan juga kemitraan, baik itu sebagai peserta maupun pengamat. Kehadiran setiap negara di tempat ini sangat berarti dan menunjukkan komitmen kita semua dalam mendukung perdamaian dan kerjasama. Lebih dari itu, kegiatan ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengenal aneka produk tradisional Indonesia, budaya, adat istiadat dan keragaman yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.


“Super Garuda Shield mereplikasikan lingkungan pertahanan dan keamanan yang dinamis, dimana seluruh prajurit yang berpartisipasi akan berlatih dan mengembangkan kemampuannya dalam merencanakan, memimpin, dan berkomunikasi dengan sesama rekannya dalam waktu yang singkat ini. “Latihan tahun ini akan mempersiapkan kita untuk menghadapi spektrum tantangan yang kompleks, melalui agenda latihan darat dan maritim dan juga operasi airborne. Saya berharap kita mampu meningkatkan kesiapan dan memperkuat kapabilitas pertahanan kita,” pungkas panglima TNI.(Bagus)

Tidak ada komentar

Posting Komentar