Kompor Biomass, Inovasi Efektif Dongkrak Perekonomian Pelaku Usaha

Tidak ada komentar

MAJALENGKA, Wirawiri Entertainment-
Kompor Biomass salah satu inovasi yang diperkenalkan oleh Kodim 0617 Majalengka, guna membantu membangkitkan kembali perekonomian masyarakat. 

Kompor ramah lingkungan yang sangat efektif dan efisien, karena menggunakan bahan bakar utama berupa palet serpihan kayu gergaji yang sudah dipadatkan

Melalui Primkop Kartika Sindangkasih, Kodim 0617 Majalengka menghadirkan kompor Biomass di tengah-tengah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah Koramil 1710 Leuwimunding. Kamis (16/03/2023) 

Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Danang Biantoro melalui Ketua Primkop Kartika Sindangkasih Kapten Inf Mastam mengatakan keterpurukan ekonomi yang dihadapi pelaku UMKM semenjak pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi global masih dirasakan. 

"Mahalnya biaya produksi, tidak sebanding dengan penghasilan yang didapatkan."

"Guna menekan biaya produksi, sebaiknya pelaku UMKM menggunakan kompor Biomass".

Lebih lanjut Kapten Inf Mastam mengatakan ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kompor Biomass. 

"Ramah lingkungan, karena bahan bakar yang digunakan menggunakan bahan bakar palet kayu atau bahan bakar biomass lainnya dan tidak mengandalkan bahan bakar gas. Kompor bio masa dapat menghasilkan api diatas 700 derajat celcius"

"Penghematan biaya bahan bakar, perbandingan penghematan biaya antara kompor biomass menggunakan bahan bakar biomass adalah 3x lebih hemat dibanding menggunakan gas atau minyak tanah"

"Kompor multifungsi, karena kompor biomass dapat menghasilkan tenaga listrik untuk penerangan dengan lampu LED dan dapat digunakan untuk charging telepon selular".

Kapten Inf Mastam berharap pelaku UMKM bisa memanfaatkan kompor Biomass, agar pendapatan yang akan mereka peroleh lebih maksimal. (Keke)

Tidak ada komentar

Posting Komentar