Program ETABINI Koramil 1713 Ligung Sukses Berkat Bios 44 DC

Tidak ada komentar

MAJALENGKA, Wirawiri Entertainment-
Program Embung Tanam Bibit Ikan Nila (ETABINI) di Embung milik Desa Gandawesi Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka yang diluncurkan oleh Koramil 1713 Ligung Kodim 0617 Majalengka mulai menampakkan hasilnya. 

Sebanyak 400 ribu benih ikan nilah merah yang sebelumnya ditabur menghasilkan 2.406 kg bibit ikan nila merah dengan kondisi sehat.


Letkol Inf Danang Biantoro melalui Danramil 1713 Ligung Kapten Inf Sarna pada saat panen mengatakan setelah 64 hari benih ikan nila merah ditabur, kini ikan tersebut sudah berkembang menjadi bibit ikan nila merah yang sehat dan siap dibudidayakan. Senin (11/09/2023)

"Bibit ikan nila merah yang dipanen ini dilakukan untuk yang kedua kali, saat panen pertama menghasilkan 1.463 kg dan panen kedua menghasilkan 943 kg."


Selanjutnya Kapten Inf Sarna menjelaskan Budidaya ikan nila di Kolam Ketahan Pangan Koramil 1713 Ligung, memanfaatkan salah satu inovasi yang dimiliki Kodam III Siliwangi yaitu Bios 44 DC.

Penggunaan Bios 44 DC membuat PH tetap terjaga, sehingga penyakit insang ikan dapat ditekan.

Kapten Inf Sarna mengharapkan apa yang telah dilakukan oleh Koramil menjadi pemicu bagi warga sekitar untuk memanfaatkan kolam ataupun Embung yang ada, untuk digunakan sebagai tempat budidaya ikan diaplikasikan dengan Bios 44 DC.

"Kondisi ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, sehingga akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat."

Kedepan Embung milik Desa Gandawesi tersebut akan dikuras dan akan dimanfaatkan untuk budidaya bibit ikan Mas. (Bagus)

Tidak ada komentar

Posting Komentar